Monday, February 20, 2017

Printilan Pernikahan

Assalamu'alaikum, dear readers :)

Di post sebelumnya sempat bilang pingin bahas masalah printilan pernikahan di postingan selanjutnya. Jadi, disinilah kita.

1. Gedung

Gedung lokasi pernikahan ini memang hal yang sangat krusial bagi para calon pengantin. Terkadang, sebelum lamaran pun para calon pengantin sudah survey dan booking gedung. Maklum, antrian gedung di Jakarta kadang memang lama. Bahkan ada yang harus pesan 1 tahun sebelumnya. Untuk menetapkan tanggal pernikahan pun terkadang gedung yang jadi patokannya. 

Aku ingat bulan November 2015 adalah pertamakali munculnya wacana untuk menikah. Rencana pernikahannya Desember 2016. Sejak itu pula, aku memulai pencarian gedung (dari mulai browsing-browsing, sampai datang langsung). Kriteria gedungnya waktu itu cari yang kapasitasnya tidak terlalu besar (sekitar 300 undangan), dekat rumah (daerah Cijantung dan sekitarnya), dan masuk budget. Sempat mendatangi Gedung Chandraca Kopassus, Gedung Puspa Pesona (Taman Anggrek, TMII), Departemen Pertanian. Tapi nggak jadi semuanya karena beberapa pertimbangan:

Gedung Chandraca Kopassus ukuran dan budgetnya memang sesuai, tapi parkirannya kurang luas, dan ruang rias, toilet, dll nya kesannya tua. Gedung Puspa Pesona, takutnya terlalu kecil ukurannya dan hawanya panas kalau untuk acara siang. Departemen Pertanian sedang direnovasi. Setelah itu sempat berpikir untuk di Wisma Antara (dulu masih kepingin yang berkarpet), tapi terlalu jauh terutama untuk keluarga dari Bekasi. Sempat berpikir di Cawang Kencana, tapi ribet naik-naik tangga. Lalu ke Aula Al Kautsar, PKP, tapi susah aksesnya untuk tamu undanga. Setelah itu datang ke Wedding Festival di JCC bulan Desember 2015. Sempat tertarik dengan Gedung Film, Cinema Wedding Hall, tapi parkirannya sempit. Ya, intinya cukup banyak sih sebenarnya gedung yang sempat menjadi opsi.

Pada bulan Januari 2016, ada beberapa hal yang membuat agak pesimis bisa melangsungkan pernikahan di bulan Desember 2016. Akhirnya jadi agak-agak malas cari-cari gedung dan persiapan pernikahan. Akhirnya berhentilah pencarian gedung dan berhenti juga excited dengan persiapan pernikahan. Pokoknya setelah masuk bulan Januari itu, benar-benar tidak terpikir akan menikah kapan. 

1 bulan kemudian, Februari 2016. Ada pemberitahuan dari keluarga CPP bahwa mereka akan datang melamar di bulan April 2016. Bahkan setelah pemberitahuan itupun, aku dan keluargaku belum memulai segala persiapan pernikahan karena memang tanggal pernikahannya masih entah kapan (bisa saja masih 1 tahun kedepan). Memasuki bulan April 2016, seminggu sebelum lamaran, orangtua kami membicarakan mengenai tanggal pernikahan. Tanpa disangka-sangka, ternyata pernikahan kami akan dilaksanakan 4 bulan lagi!

Disitulah mulai terjadi kepanikan. Gedung mana yang masih available H-4 bulan? Jumlah tamu undangan pun ingin ditambah, dari yang tadinya 300 undangan menjadi 600 undangan. Gedung-gedung yang sebelumnya pernah menjadi opsi pun seakan hilang dari ingatan. Kami langsung mencoba menghubungi pihak Gedung Balai Komando Kopassus. Alasannya karena dekat rumah, parkiran luas, sesuai budget, dan sesuai jumlah undangan. Tapi sayangnya. Balai Komando sudah full sampai Februari 2017. Akhirnya kami mencoba menghubungi pihak Gedung Dharmagati, Ditbekang-AD, Kramat Jati. Ternyata masih bisa di bulan Agustus dan ada tanggal kosong 14 Agustus 2016. Walaupun belum survey, akhirnya kami booking duluan supaya tanggal tersebut tidak diambil orang. Dan ditetapkanlah tanggal pernikahan 14 Agustus 2016.

Beberapa hari kemudian, barulah kami survey. Gedungnya rapi, baru direnovasi, parkirannya luas, lantainya dan dindingnya polos (sehingga sesuai untuk dekorasi apapun). Tapi terdapat beberapa kekurangan, yaitu kapasitasnya lebih kecil daripada jumlah undangan kami, AC nya pun saat itu sedang rusak. Namun, kami diyakinkan bahwa bisa dicari solusinya, yaitu dengan memanfaatkan lapangan tenis indoor di sampingnya, sehingga menjadi lebih luas. AC nya pun akan dibenahi. Sayangnya, 1 minggu menjelang hari H, kami tiba-tiba dapat kabar bahwa lapangan tenis tidak bisa dipakai. Padahal sudah dikonsep tata letak dan dekorasi sedemikian rupa. Undangan pun sudah disebar (tidak mungkin untuk mengurangi tamu). Akhirnya, kami ditawarkan untuk membuat tenda tambahan di luar (yang akhirnya menjadi kurang terpakai karena terpencil dan kurang diketahui tamu undangan). Akhirnya suasana di dalam gedung pada saat hari H terlalu ramai (huhu maaf ya untuk teman-teman yang hadir waktu itu dan merasa sumpek, ini akibat kesalahan teknis).

Namun, untuk masalah AC Alhamdulillah teratasi karena AC nya telah dibetulkan, namun kami juga tetap menambah beberapa AC. Namun, AC di ruang pengantin masih rusak sehingga kamar pengantin saat itu agak gerah, solusinya, hanya pengantin dan perias saja yang bisa masuk (karena kalau terlalu banyak orang akan kekurangan oksigen). Semoga sekarang sudah dibenahi :) Jika sudah dibenahi, saya merekomendasikan gedung ini untuk teman-teman yang jumlah undangannya sekitar 300-400 undangan. Jangan sampai lebih dari 500 karena kepenuhan menurutku (walaupun ada beberapa teman yang menyatakan tidak kepenuhan saat hari H acara, entah menghibur atau tidak hehehe).

2. Catering dan Dekorasi

Waktu itu sempat datang ke acara pernikahan teman papa, dan beliau menggunakan jasa Aisyah Catering. Rasanya enak, menu beragam, dekorasi bagus, crew nya pun cekatan, harganya juga tidak overpriced. Kemudian, ketika mencoba menanyakan rekomendasi pihak gedung, ternyata pihak gedung juga merekomendasikan Aisyah Catering (katanya paling sering dipakai di gedung itu). Beberapa minggu kemudian, kami datang untuk test food dan memang rasanya konsisten. 

Kalau ditanya "makanan pas hari H cukup atau enggak?" itu sebenarnya bukan permasalahan dari cateringnya, ya.. tetapi tergantung kita nya. Mau pakai catering sebagus apapun kalau kitanya pesan porsinya terbatas, ya akan kekurangan makanan. Jadi, pastikan kita sendiri yang jeli untuk menentukan jumlah porsinya. Aku sarankan jangan hanya mengikuti paket yang ditawarkan, karena jumlahnya pas-pasan dan sangat mungkin untuk kurang saat hari H. Karena, paket yang ditawarkan biasanya dihitung jumlah undangan dikalikan dua. Padahal satu undangan belum tentu yang datang hanya dua, bisa saja membawa keluarganya lengkap. Selain itu, porsi di paket diseimbangkan antara buffee utama dan pondokan. Padahal, tamu undangan banyak yang lebih tertarik kepada pondokan. Kalau hal ini tidak diantisipasi, tamu undangan tidak akan kebagian makanan pondokan. Hal ini tentunya cukup mengecewakan, apalagi yang sudah antri tetapi tiba-tiba kehabisan makanan.

Karena itu, pastikan porsi makanan yang kamu pesan cukup. Jangan lupa juga untuk memilih pihak keluarga untuk mengawasi catering. Sehingga dapat dipastikan bahwa makanan yang dikeluarkan jumlahnya telah sesuai dengan yang dipesan. Namun, berdasarkan pengalaman saya, catering Aisyah ini jujur kok :)

Sempat mendengar komentar seperti ini juga "iya makanannya gak habis, karena kan keluarga militer, jadi cateringnya enggak berani nakal". Bukan begitu yaaa, teman-teman. Ingat, semua tergantung kita yang memesan. Bukan hanya karena pihak catering nakal atau enggak.

Untuk dekorasi, mba Aisyah juga dapat membuat keinginan kita menjadi nyata dengan baik. Tapi, semua itu juga tergantung budget, jangan sampai ingin harga seperti di paket namun permintaannya macam-macam. Mba Aisyah bisa sangat fleksibel sesuai dengan keinginan kita. Terkadang mba Aisyah pun bisa memberi saran apabila kita tidak punya ide, Kita bisa meminta mengurangi dan menambah dekorasi sesuai keinginan kita. Misalnya tidak ingin pakai flower standing yang terlalu banyak, bisa dikurangi. Atau ingin mengupgrade bunga di pelaminan, bisa ditambah. Untuk harganya akan disesuaikan. Waktu itu mba Aisyah juga memberikan bonus-bonus. Diantaranya, bonus blower fan. Selama proses penyusunan konsep dekorasi, mba Aisyah juga sangat sabar mendengarkan kemauan kita. Hasilnya pun memuaskan! :)

(foto foto ada di postingan sebelumnya)

3. Prigel Foto

Pertama kali menemukan prigel ini di google sebenarnya. Waktu itu sedang mencari vendor foto yang bisa menangkap momen-momen penting dengan baik dan sekaligus bisa membuat wedding video tapi yang harganya terjangkau (dibawah 10juta). Sempat pesimis akan menemukan sih, karena waktu ke Wedding Festival di JCC kan vendor fotonya mahal mahal (bisa puluhan juta), walaupun pingin banget, tapi harus realistis juga. Walaupun realistis, tetep doong harus cari yang bagus, karena dokumentasi itu penting, soalnya nanti ketika hari H sudah berlalu dan sudah banyak biaya yang terbuang, yang tersisa untuk kita hanyalah kenangan tentang momen itu. Makanya, penting banget untuk didokumentasikan dengan baik.

Setelah menemukan di google, lihat-lihat website nya, dan lihat-lihat wedding video nya, akhirnya kami mencoba datang ke kantornya di jalan margonda (ah, pas sekali tidak terlalu jauh dari rumah). Ternyata tempatnya masuk gang, agak susah, tapi nggak menjadi masalah untuk kami. Prigel ini juga bisa jadi opsi untuk foto prewedding. Tapi kami memang tidak memakai foto prewedding.

Sewaktu hari H, tim prigel datang tepat waktu dan langsung mengeksplorasi gedung. Tim prigel juga dengan cekatan mencuri-curi momen untuk memfoto dan memvideokan. Itu sangat penting bagiku karena pagi hari di hari H suasananya sangat sibuk dan tidak sempat untuk foto-foto cantik. Alhamdulillah, tim prigel berinisiatif untuk mencuri-curi candid. Jadi, momen nya tidak terlewatkan. Kami juga tidak sempat shoot adegan-adegan untuk dramatisasi di video, tapi tim prigel mengisinya dengan hal lain sehingga tetap bagus. Tim prigel juga dengan sabar dan cekatan memfoto kami dengan para tamu undangan yang sangat banyak.

Pada akhirnya, kami mendapatkan hasil album yang bagus. Albumnya dikemas dalam laci, dan juga terdapat foto besar kami, undangan, souvenir pernikahan kami, soft copy foto dan video. Jadi semua dokumentasi hari bahagia kami terkemas rapi. Untuk tahu selengkapnya, tentang apa-apa yang bisa didapat, kamu bisa langsung kunjungi website prigel foto klik disini.

4. Rias & Sewa Baju

Ini hal penting juga dalam pernikahan kamu. Karena ini acara seumur hidup sekali, dan kalau hasilnya mengecewakan dan nggak cocok di kamu, penyesalannya bakal berminggu-minggu loh. Makanya, harus banget cari yang sesuai sama kamu.

Untuk rias dan sewa baju, aku pakai Widya Busana. Disini aku benar-benar pakai semua jasanya. Dari mulai sewa baju akad, baju resepsi, jahit baju mama dan adik, sewa baju untuk duo papa dan saudara laki-laki, rias pengantin, rias orangtua, rias saudara, penerima tamu, dan lain-lain. Kebetulan, yang punya Budeku. Jadi mungkin kurang objektif juga yaa kalau aku review. Tapi hasilnya bisa dilihat sendiri di foto-foto pernikahan di postingan sebelumnya. Kalau tertarik, bisa menghubungi aku, nanti aku kasih kontaknya :)
.
5. Undangan

Waktu itu cari undangan gak mau repot, langsung datang ke tempat pembuatan undangan di sepanjang jalan Kramat Jati kan banyak ya hehe. Entah kenapa waktu itu datangnya ke Tifa Grafika. Disana banyak model-model undangannya. Banyak banget deh pilihannya. Harganya juga termasuk murah. Dan juga boleh bawa desain sendiri tanpa ada tambahan biaya (kecuali untuk penambahan tinta emas, misalnya).

Pingin deh punya undangan yang desain nya khusus untuk kita. Alhamdulillah nya, punya sepupu yang bergerak di bidang desain euy, namanya mas Ditra. Mas Ditra ini foundernya Deco Creative Studio juga, bisa liat-liat karyanya di sini. Akhirnya dibikinin desain undangannya sama Mas Ditra. Sukaaa banget, sesuai keinginan :)



6. Souvenir

Waktu itu sempat males banget keluar untuk cari souvenir, akhirnya beli online. Namun setelah dua kali beli online dan hasilnya nggak sesuai sama yang kita inginkan, akhirnya nggak lagi-lagi deh. Mungkin memang harus dibeli langsung untuk souvenir, supaya sesuai harapan dan nggak pemborosan lagi. Akhirnya, hasil pencarian di google, ada toko souvenir yang nggak jauh dari rumah, namanya IF Souvenir di daerah Gongseng.

Disana banyak pilihan souvenir-souvenir bagus dengan berbagai range harga. Masnya pun ramah meladeni kami yang galau memilih dan kami ternyata satu almamater. Hehehe. Pada akhirnya, kami memilih souvenir taplak meja kecil dan hasilnya memuaskan! :) Oh ya, ternyata IF Souvenir cukup eksis di instagram juga. Bisa dicek account nya disini.

7. Hantaran

Walaupun kita dari pihak perempuan, tetap lah ada hantaran untuk pihak laki-laki. Jadi, hal ini nggak bisa diabaikan. Pastinya kita juga ingin mengemas dengan baik kaaan. Waktu itu, kami minta tolong seorang ibu persit yang kreatif untuk mengemas dan menghias hantaran kami. Untuk kamu yang tinggal di sekitar Cijantung dan butuh jasa menghias hantaran, bisa hubungi aku juga ya, nanti ku kasih kontaknya :)


Gemas gemas <3
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian cuap-cuap mengenai printilan pernikahan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi teman-teman yang lagi jadi calon pengantin :)

Wassalamu'alaikum.

6 comments:

  1. Mbak.. itu aisyah catering kan paketnya komplit ya.. tp bisa cm cateringnya aja yah?? Kan mbak pake rias nya beda vendor tuh.. please infonya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bisa kok, nanti dikurangi dari harga paketnya :)

      Delete
  2. Hai!! yuk datang dan survey gedung GRAHA ELNUSA, gedung termurah se jakarta selatan yang sudah all in package(gedung, catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, WO, Wedding Car & MC) sudah full ac&karpet! gedung yang letaknya strategis di daerah jakarta selatan! banyak bonus yang ditawarkan juga loh. for more detail info call/wa : intan 087800160870

    ReplyDelete
  3. Mba.. mau kontak Aisyah catering dong
    Dikirim ke e-mail satiti.widy@gmail.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    ReplyDelete
  5. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete